Pages

Saturday, February 27, 2016

Indramayu Kota Wisata

Siapa sih yang tak kenal dengan kota Indramayu??
Yap, kota Indramayu adalah kota yang layak disebut kaya, karena bukan hanya kekayaan alam yang dapat kita temui, tapi berbagai tradisi dan budayanya pun patut diacungi jempol.
Kekayaannya juga yang menjadikan Indramayu memiliki destinasi wisata yang sangat luar biasa.
Kota yang berada di Provinsi Jawa Barat ini, memiliki obyek wisata yang tak kalah menarik dengan obyek wisata di daerah lainnya.
Bukan hanya wisata yang menyajikan panorama alam yang sangat indah dan memukau, tapi juga wisata buatan yang mengasyikkan untuk dikunjungi.
Untuk lebih tau, berikut tempat wisata yang ada di Indramayu:
1. Pulau Biawak

Sumber: https://iewenkphotos.com/tag/pulau/
Terletak sekitar 40 km dari kota Indramayu, anda bisa memulai perjalanan dengan menyambangi pulau yang eksotis ini, yaitu Pulau Biawak.
Berbagai aktivitas rekreasi bisa kamu nikmati di pulau Biawak. Mulai dari memancing, senorkeling, diving, atau hanya sekedar untuk bersantai sambil menikmati suasana pantainya.
Pulau ini memiliki luas sekitar 120 ha dan terletak di sebelah utara kota Indramayu serta bisa dijangkau dengan menggunakan perahu nelayan.
Di pulau Biawak ini pengunjung akan disuguhi dengan panorama alam yang masih asri. Di sini juga pengunjung akan mendapati menara mercusuar kuno yang menjulang serta koloni biawak seperti nama dari pulau ini.
2. Hutan Mangrove, Karangsong

Sumber: http://sentananews.com/news/daerah_Ibu_kota/wisata-hutan-mangrove-karangsong-jadi-destinasi-wi-10907
Hutan Mangrove, nampaknya memiliki daya tarik wisata tersendiri. Untuk menuju hutan mangrove ini, pengunjung harus menggunakan sarana transportasi perahu milik nelayan. Di sini pengunjung bisa menyusuri hutan mangrove dan melihat berbagai jenis mangrove di lahan seluas lebih dari 25 ha. Selain itu, pengunjung juga bisa memancing, karena kabarnya di hutan ini menjadi tempat udang dan ikan besar tinggal.
3. Pantai Tirtamaya
Sumber: http://36.82.105.7/nusapedia/Kabupaten%20Indramayu/ID/place/960/pantai-tirtamaya-wisata-alternatif-di-pesisir-utara-jawa-barat

Indramayu memang juara dalam wisata pantainya. Salah satunya pantai yang tak boleh kamu lewatkan adalah pantai Tirtamaya. Pantai ini pas anda kunjungi dengan letaknya yang tak begitu jauh dari pusat kota.
Pantai ini cocok bila dikunjungi pada saat terbit dan terbenamnya matahari atau istilah nama kerennya melihat sunrise dan sunset yang mempesona.
Pantai Tirtamaya terletak di Kecamatan Jutinyuat. Di pantai ini juga bisa dikunjungi sebagai tempat pemandian yang aman.
4. Pantai Eretan
Sumber: http://www.wisatamu.com/tag/pantai-eretan-indramayu
Pantai Eretan ternyata memiliki sejarah tersendiri karena pada tahun 1942 pantai ini menjadi tempat mendaratnya tentara Jepang pada saat penyerangan terhadap Belanda.
Di pantai ini menyajikan tempat kuliner yaitu kuliner laut seperti ikan bakar serta dipadukan dengan kelapa hijau yang muda dan segar. Lokasinya yang berada di jalur Pantai Utara ini menjadikannya sangat mudah untuk dijangkau. Keunikan dari pantai Eretan ini adalah memiliki tanah berwarna merah yang akan terlihat jelas pada saat matahari sedang terik-teriknya.
5. Pantai Glayem

Pantai Glayem terletak tidak jauh dari pantai Tirtamaya sekitar kurang lebih 3 km yang sama letaknya dengan Pantai Tirtamaya yaitu terletak di Kecamatan Jutinyuat. Di pantai ini terkenal kuliner hasil olahan ikannya. Pantai Glayem mempertemukan muara pantai yang merupakan sandaran kapal-kapal nelayan dan dapat kita temukan tempat pelelangan ikan. Cocok bagi anda yang berwisata dengan oleh-oleh ikan dari pantai ini.
6. Situ Bojongsari
Sumber:disparbud
Bagi anda yang ingin berwisata di kota Indramayu, sempatkanlah mampir ke situ Bojongsari yang letaknya di pusat kota Indramayu. Luas dari situ Bojongsari sekitar 6,5 ha. Di sini kita akan dimanjakan dengan wisata air seperti waterboom, sepeda air, perahu wisata dan olahraga dayung. Bagi anda yang gemar memancing atau ingin berkemah pun bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia di tempat ini loh!
7. Situ Bolang
Sumber: http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=945&lang=id
Situ Bolang cocok bagi anda yang ingin menikmati destinasi wisata yang tenang dan nyaman. Situ ini terletak di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, kurang lebih 20 km dari kota Indramayu. Di sini pengunjung bisa merasakan hawa sejuk dan panorama yang indah dengan suasana tenang dan nyaman. Luas dari situ ini seluas 74 hektar.
8. Taman Cimanuk
Sumber: kotaindramayu.info

Lokasinya berada di jalan Veteran, Indramayu. Tepatnya dibelakang masjid Agung Indramayu atau di bawah jembatan utama dekat pendopo Indramayu. Taman ini tentu saja menambah indah pemandangan di pusat kota Indramayu. Selain itu pastinya menjadi lahan dan ruang terbuka hijau bagi masyarakatnya. Di taman ini dilengkapi sampan yang hanya berupa hiasan, tidak dapat untuk mengitari Sungai Cimanuk.
9. Pusat Kota Indramayu
Sumber: http://thepresidentpostindonesia.com/2014/01/11/kabupaten-indramayu-berikan-layanan-kesehatan-dan-pendidikan-gratis/


Sumber: http://kirimke.blogspot.co.id/2011/02/potensi-wisata-indramayu.html
Di pusat kota Indramayu terdapat alun-alun kota Indramayu yang ramai saat sore hari. Di sana kamu dapat menemukan landmark kota Indramayu yaitu Tugu Kijang dan Tugu Mangga.
Tugu Kijang berada di arah persimpangan jalan masuk kota Indramayu dari arah Cirebon. Sedangkan tugu Mangga terletak di persimpangan lima jalan masuk kota Indramayu dari arah Jakarta.
Tugu Kijang memiliki nilai sejarah karena mengingatkan masyarakat Indramayu pada kisah kijang emas yang menuntun Raden Aria Wiralodra dan menunjukkan arah letak lembah Cimanuk yang menjadi cikal bakal Kabupaten Indramayu. Sementara Tugu mangga menjadi penanda bahwa kota ini adalah kota penghasil buah mangga.
Jika anda mampir ke pusat kota, anda akan disajikan dengan alun-alun dan anda pun bisa berfoto selfie di tugu kijang ataupun tugu mangga.
10. Sentra Perkebunan Mangga

Indramayu adalah kota yang terkenal dengan mangganya, sehingga tidak heran jikalau Indramayu dijuluki sebagai kota mangga. Jika anda berkunjung ke Indramayu, tidak lengkap jika tak membawa buah tangan mangga. Maka dari itu anda bisa mampir ke sentra perkebunan mangga dan membawa buah tangan dari sana. Anda dapat mengunjungi Desa Krasak, Kecamatan Jatibarang atau bisa juga ke Desa Jambak, Kecamatan Cikedung.
Bila mengunjungi tempat ini, disarankan datang pada saat musimnya, yaitu sekitar bulan Agustus sampai Desember.
11. Pusat Industri Batik Paoman
Sumber: danielmsy.com

Batik di daerah Indramayu sangat terkenal, terutama batik yang berasal dari Paoman. Anda bisa mengunjungi pusat industrinya yang berada di Kelurahan Paoman, Desa Pabean Udik, Indramayu.
Batik yang ada di daerah ini sangat terkenal sampai banyak dinikmati oleh masyarakat yang ada di luar negeri. Pemasarannya pun sudah mencapai pemasaran Internasional. Tempat industri batik sangat cocok bagi anda yang ingin membeli batik langsung dari pusatnya ataupun hanya sekedar melihat lihat untuk berwisata menambah wawasan tentang batik.

Nah, itu saja yang dapat saya sebutkan destinasi wisata yang ada di kota Indramayu. Sebenarnya masih banyak wisata lain di Indramayu yang tentunya harus anda kunjungi bila berkunjung ke Kota Indramayu.
Sekian dan Terimakasih :)

0 comments:

Post a Comment